GuidePedia

0
                                                               GRUB
Pada proses booting, program yang dijalankan pertama kali setelah BIOS selesai adalah GRUB (bila telah menginstall Linux). GRUB singkatan dari GRand Unified Bootloader, yaitu program kecil yang menampilkan pilihan sistem operasi pada saat proses booting sehingga nantinya dapat melakukan multiple boot. GRUB sangat berguna apabila kita menginstall lebih dari satu sistem operasi pada satu komputer, misalnya Microsoft Windows XP dan Linux Ubuntu. Istilah karenanya adalah dual booting. Biasanya default sistem operasi pada menu GRUB adalah Linux Ubuntu. Istilah default disini artinya adalah sistem operasi yang akan dijalankan secara otomatis apabila kita tidak memilih sistem operasi lain pada daftar menu GRUB. GRUB dapat di konfigurasi sesuai keinginan. Namun apabila salah dalam pengeditan maka saat booting GRUB tidak akan dapat masuk ke system operasi yang tersedia. Letak konfgurasi GRUB adalah/boot/grub/grub.cfg
Grub Linux
 LILO (Linux Loader)
LILO mempunyai kepanjangan Linux Loader adalah loader boot, yang dapat digunakan untuk memilih Linux, MS-DOS atau sistem operasi lain pada saat boot.
Lilo ini biasanya terdapat pada distribusi RedHat dan turunannya. Lilo biasanya digunakan pada mesin intel-compatible. Tidak perlu melakukan penginstalan LILO karena sewaktu kita menginstall Linux RedHat dan turunannya maka LILO secara otomatis akan ikut terinstall. Pada LILO juga dapat di lakukan konfigurasi seperti GRUB. Letak konfigurasi LILO adalah /etc/lilo.conf
Lilo
MEMPERBAIKI BOOTLOADER (GRUB)
untuk distro Debian/Ubuntu/Linux mint :
Berikut bagian dari Skrip file grub.cfg :
> root=(hd0,msdos1)
> linux /boot/vmlinuz.,.. root=/dev/sda6 ro    
> initrd /boot/initrd.,..
> boot
ScriptPengertian
root=(hd0,msdos1)msdos…tempat partisi sistem operasi linux kita berada
Linux/boot/vmlinuzroot=/dev/sda6 rosda…. vmlinuz….   rotempat partisi sistem operasi linux kita beradaMerupakan file vmlinuz (Virtual Memory) atau yg sering di sebut dengan kernelRead Only
initrd /boot/initrd…Initrd…(Inital RAM Disk) merupakan sistem file root sementara

Definisi detail :
  1. Vmlinuz
vmlinuz adalah nama dari kernel Linux executable.
Kernel adalah sebuah program yang merupakan inti pusat dari sistem operasi komputer. Ini adalah hal pertama yang dimuat ke memori (yang secara fisik terdiri dari chip RAM) ketika komputer boot up (yaitu, dimulai), dan tetap dalam memori untuk seluruh waktu bahwa komputer beroperasi. Dieksekusi, juga disebut file executable, adalah file yang dapat dijalankan sebagai sebuah program.
Vmlinuz adalah kernel Linux dikompresi, dan itu adalah bootable. Bootable berarti bahwa ia mampu memuat sistem operasi ke dalam memori sehingga komputer menjadi dapat digunakan dan program aplikasi dapat dijalankan.
vmlinuz tidak harus bingung dengan vmlinux, yang merupakan kernel dalam bentuk non-dikompresi dan non-bootable. vmlinux umumnya hanya langkah menengah untuk memproduksi vmlinuz.
Vmlinuz terletak di direktori / boot, yang merupakan direktori yang berisi file yang dibutuhkan untuk memulai booting sistem. File bernama vmlinuz mungkin executable kernel yang sebenarnya itu sendiri, atau bisa juga link ke executable kernel, yang mungkin menanggung nama seperti / boot/vmlinuz-2.4.18-19.8.0 (yaitu, nama yang spesifik versi kernel). Hal ini dapat dengan mudah ditentukan dengan menggunakan perintah ls (yang tujuannya adalah untuk menunjukkan isi dari direktori tertentu) dengan perusahaan-l option (yang memberitahu ls untuk memberikan informasi rinci tentang setiap objek di direktori yang ditentukan) sebagai berikut:
ls-l / boot

  1. Initrd
Linux RAM awal disk (initrd) adalah sistem file root sementara yang sudah terpasang selama boot sistem untuk mendukung proses boot dua-state. Initrd berisi berbagai executable dan driver yang memungkinkan sistem akar nyata file yang akan dipasang, setelah itu RAM disk initrd adalah terpasang dan memori yang dibebaskan. Dalam banyak sistem embedded Linux, initrd adalah sistem berkas root final.

Membuat File ”grub.cfg Secara Manual
# nano /boot/grub/grub.cfg
lalu ketikan skrip berikut
menuentry “Linux Mint Debian-Mate” {
          root=(hd0,msdos6)
          linux /boot/vmlinuz-3.2.0-4-486 root=/dev/sda6 ro
          initrd /boot/initrd.img-3.2.0-4-486
          }
menuentry “Linux Mint Debian-Mate” {namasistemoperasi
root=(hd0,msdos6partisi sistem operasi
linux /boot/vmlinuz-3.2.0-4-486 root=/dev/sda6 ronama mesin (kernel) system operasi
initrd /boot/initrd.img-3.2.0-4-486 }initrd m esin (kernel) system operasi
catatan : Nama kernel bisa kita rubah sesuai dengan apa yang kita inginkan dengan catatan file kernel yang asli yang ada di sistem operasi kita di buat file shortcut terlebih dahulu dengan perintah :
# ln -s (nama file asili) (nama file shortcut)
          Exs: # ln -s vmlinuz-3.2.0-4-486 vmlinuz
              # ln -s initrd.img-3.2.0-4-486 initrd

 Mengembalikan Grub Loader yang Benar-benar hilang
  1. booting melalui live CD atau live Usb
  2. Cari partisi partisi OS dimana tempat kita menginstall sistem operasi linux
  3. Mounting partisi sistem operasi linux kita
             # mkdir /mnt/sdaX
             # mount /dev/sdaX /mnt/sdaX
Lalu install paket grub
# grub-install –root-directory=/mnt/sdaX
# update-grub

Post a Comment

 
Top