GuidePedia

0


Berbeda dengan mikrokontrol yang menggunakan bahasa pemrograman assembler, arduino menggunakan bahasa C yang lebih mudah dan terstruktur. Sebelum menginjak lebih lanjut mengenai materi belajar arduino, sebaiknya anda harus tahu terlebih dahulu apa saja kelebihan dari arduino.
1. Harga Murah
Seperti yang telah dikatakan tadi, bahwa arduino dijual dengan harga yang relatif murah dibanding dengan board kontrol lainnya. Harga dari perangkat ini sangat bervariasi, mulai dari 100 ribu sampai dengan 400 ribu. Harga tersebut tentunya dapat dijangkau oleh semua kalangan.
2. Sederhana
Perlu anda ketahui bahwa struktur dan bahasa pemrograman yang digunakan oleh arduino terbilang sangat sederhana. Arduino menggunakan bahasa C yang lebih mudah dibandingkan bahasa lain seperti assembler. Tak heran jika perangkat ini cocok digunakan oleh para pemula.
3. Open Source
Seperti yang telah dikatakan tadi bahwa arduino ini memiliki sifat open source alias terbuka. Jadi semua orang bebas untuk membuat dan mengembangkan perangkat ini, baik untuk digunakan sendiri ataupun dijual kepada publik. Anda juga bisa melakukan modifikasi terhadap perangkat arduino yang ada.
Setelah mengetahui apa saja kelebihan dari perangkat arduino, selanjutnya Belajar Elektronika akan menjelaskan bagian-bagian apa saja yang ada pada arduino. Sebuah arduino selalu memiliki soket USB, input/output digital/analog, pin catu daya, dan juga baterai atau adaptor.

Saat ini ada banyak sekali jenis arduino mulai dari arduino uno, arduino due, arduino lilypad, arduino nano, arduino mini, arduino micro, arduino mega, arduino leonardo, arduino fio, arduino ethernet, arduino esplora, sampai dengan arduino robot. Masing-masing jenis arduino tersebut punya ciri dan karakteristik masing-masing.


Itulah tadi dasar-dasar yang harus anda pelajari lebih lebih lanjut seputar arduino. Dan untuk memperdalam pemahaman anda mengenai arduino, ada baiknya anda membaca ebook belajar arduino untuk pemula lengkap dan mudah dicerna, utamanya bagi anda yang baru belajar mengenai elektronika dan arduino.

Post a Comment

 
Top