GuidePedia

0
Dengan menggunakan VPN sesorang akan merasa lebih aman dengan jalur lalu lintas data yang dilaluinya, karena dengan VPN hanya orang-orang ktertentu saja yang dapat mengaksesnya. VPN biasanya digunakan untuk hal-hal yang bersifat rahasia seperti data tentang sebuah perusahaan, data - data user dan lain sebagainya.



Apa Fungsi VPN (Virtual Private Network) pada jaringan komputer
VPN adalah jalur lalu lintas jaringan yang bersifat private, Berikut adalah fungsi dari jaringan VPN (Virtual Privat Network):

1. Kerahasiaan (Confidentially).
VPN merupakan sebuah jaringan yang menggunakan koneksi internet sebagai media perantara, tentunya hal tersebut sangat rawan dan dapat menjadi celah daripada hacker untuk mengambil data. Maka VPN memakai metode enkripsi untuk mengacak data yang lewat. Dengan menggunakan metode enskripsi itu, keamanan ata akan cukup terjamin dari pencurian data.

2. Keutuhan data (Data Integrity).
VPN mempunyai kemampuan untuk menjaga keutuhan keamanan data dan informasi yang dikirim dari alamat sumber sehingga dapat diterima dengan baik pada alamat ayang dituju.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Proxy pada Jaringan Komputer

3. Autentikasi sumber (Origin Authentication).
VPN juga memungkinkan untuk melakukan autentikasi sumber data yang diterima sehingga VPN dapat melakukan pemeriksaan kepada data yang masuk dan mengakses informasi dari sumbernya, lalu alamat dari sumber data tersebut akan di setujui jika proses autentifikasi berhasil.

Manfaat VPN (Virtual Private Network) pada jaringan komputer

Post a Comment

 
Top